Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin

Hai sobat! Kembali lagi dengan Herdandi Tech

Oke, kali ini Herdandi Tech akan membahas tentang Cryptocurrency atau uang digital yang sedang panas-panasnya saat ini. Inilah BITCOIN !!!

Oke, di artikel ini kita akan sama-sama membahas bitcoin. Mulai dari Pengertiannya, Sejarahnya, Perkembangannya, Keistimewaannya, Jumlah edarnya, dan tentunya kita akan bahas cara mendapatkan bitcoin ini. Disimak ya sobat!


Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Apa Itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin?

Sederhananya, bitcoin itu salah satu jenis CryptoCurrency (Mata uang kripto) atau uang digital yang dikembangkan oleh seseorang yang masih misterius.

Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Bitcoin adalah Salah Satu CryptoCurrency

Namanya “mata uang”, Bitcoin atau sering disingkat BTC ini sama saja dengan Rupiah atau Dollar, tapi jika Rupiah dan Dollar mempunyai bentuk fisik berupa lembaran kertas sedangkan bitcoin hanya ada di dunia digital dan tidak memiliki bentuk fisik.

Sejarah Bitcoin

Sudah disinggung diatas, Bitcoin dikembangkan oleh seseorang yang belum diketahui identitasnya. Saya sudah browsing di internet siapakah pengembang Bitcoin itu, dan yang saya temukan adalah “Satoshi Nakamoto”.

Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Satoshi Nakamoto, Orang Yang Katanya Pencetus Pertama Bitcoin


Terdengar seperti nama orang jepang ya sobat?

Banyak rumor mengatakan Satoshi Nakamoto hanyalah nama samaran, ada juga yang berspekulasi Satoshi Nakamoto adalah nama organisasi atau grup, bahkan ada yang beranggapan Satoshi Nakamoto adalah nama gabungan dari “SAmsung – TOSHIba – NAKAmici (nakamicin) – MOTOrola)

Nama Satoshi Nakamoto Seperti Singkatan Beberapa Brand Terkenal Jepang
Hmmm???

Dari semua romor tersebut, saya mendapat sumber yang lebih terpercaya di salah satu artikel Kompas.com yang berjudul “Inikah Satoshi Nakamoto, Pendiri Bitcoin?”

Di artikel tersebut, dijelaskan bahwa Satoshi Nakamoto disebut sebagai nama asli seorang keturunan Jepang berkewarganegaraan Amerika Serikat yang saat ini berumur 64 tahun dan tinggal di California.

Walau begitu, belum dipastikan siapa pengembang Bitcoi sebenarnya, yang jelas Bitcoin sudah mucul pada tahun 2008 dan sangat popular pada tahun 2012 – 2013.

Perkembangan Bitcoin


Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Grafik Perkembangan Harga Bitcoin
Tahun 2012 (50 rb)
Percaya gak percaya, pada tahun 2012 dimana itu saat masa – masanya awal booming – nya Bitcoin, harganya hanya Rp. 50.000 saja per 1 BTC!!! Murah sekali kan sobat?
Coba bandingkan dengan harga bitcoin saat ini yang mencapai Rp. 250.000.000 jauh sekali, naik 5000 kali lipat hanya dalam 5 tahun.


Tahun 2013 (1 jt)
Pada tahun ini, bitcoin mulai naik drastis. Dari yang harganya hanya Rp. 50.000 naik menjadi Rp. 1.000.000.

Tahun 2014 (10 jt)
Pada tahun ini, harga bitcoin yang tadinya Rp. 1.000.000 meroket 10 kali lipat menjadi Rp. 10.000.000 WOW!!!

Tahun 2015 (3 jt)
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sobat! Pada tahun 2015, Bitcoin mengalami penurunan, yang tadinya Rp. 10.000.000 menjadi Rp. 3.000.000 saja.

Tahun 2016 (15 – 30 jt)
Pada tahun ini, Bitcoin mulai tidak stabil. Kadang meroket dan kadang menurun. Di tahun ini harga bitcoin pun bervariasi, dari Rp. 15.000.000 hingga Rp. 30.000.000

Tahun 2017 (250 jt)
Nah, di tahun  inilah Bitcoin dalam masa gila-gilanya. Pada awalnya hanya Rp. 50.000 saja, melambung tinggi menjadi Rp. 250.000.000 WOW!!!

Tahun 2018 + (???)
Perkembangan Bitcoin sangat susah ditebak sobat! Banyak pakar yang meramalkan harga bitcoin pada masa depan. Diantaranya :

- Ronnie Moas ( Rp. 280 jt)
- Mike Novogratz ( Rp. 560 jt)
- Tone Vays ( Rp. 1.4 M)
- John McAfee ( Rp. 14 M)

Hebat ya! Apa jadinya kalau dimasa yang akan datang, harga bitcoin benar mencapai 14 Miliyar? Wuh! Hebat sekali ya Sobat!

Apa Istimewanya Bitcoin?


Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Bitcoin : "Uang Paling Istimewa"
Daripada kita membahas perkembangan Bitcoin yang bikin pusing, lebih baik kita bahas keistimewaan bitcoin itu sendiri. Berikut daftar keistimewaan Bitcoin :

1. Transfer mudah
2. Biaya transfer kecil
3. Transaksi Bitcoin sangat transparan
4. Bitcoin tidak diatur oleh Lembaga atau pemerintah
5. Jumlahnya terbatas (akan kita bahas)
6. Keamanan sangat terjamin
7. Mudah membelinya

Jumlah Bitcoin

Jumlah Bitcoin sebenarnya terbatas sobat! Jumlah maksimumnya hanya 21 juta BTC. Sementara, saat ini sudah tertambang 16 Juta BTC, jadi tinggal tersisa kurang dari 5 juta BTC lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?


Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Cara Mendapatkan Bitcoin

Mungkin sobat pernah berpikir, bitcoin hanya bisa ditambang oleh seseorang professional yang memakai Komputer besar beserta belasan rak-rak mesin. Pendapat sobat itu SALAH

Bitcoin tidak selalu milik seseorang yang professional. Semua orang bisa mendapatkan Bitcoin, dan semua orang berhak mendapakan Bitcoin 

Sekarang sobat bisa menambang Bitcoin atau istilahnya “Mining” dengan Laptop sobat sendiri.

Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Pertambangan Bitcoin Yang Dilakukan Oleh Professional

Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Konon Katanya, Pertambangan Bitcoin Terbesar Ada Di China
Bahkan sekarang sobat bisa Mining Bitcoin menggunakan Handphone / Tablet Android!!!

Jadi, jika sobat punya Hp atau Laptop bekas yang sudah tidak terpakai, daripada membusuk di laci atau berakhir di tukang rongsok atau konter hp kecil, lebih baik dipakai untuk menambang Bitcoin.

Apalagi jika sobat seorang OP Warnet, jika ada computer yang tidak dipakai, bisa tuh dipakai Mining sementara, kalau ada yang nge-rental tinggal di stop mining-nya. Jadi daripada ada computer ngaggur di warnet, lebih bermanfaat tentunya.

Walapun hasil menambang menggunkan komputer biasa atau bahkan hp tidak sebanyak dengan Mining Rig atau rak- rak yang berisi alat untuk mining (bisa vga card atau ASIC) yang dilakukan oleh seorang professional.

Untuk tutorial cara mendapatkan Bitcoin, sengaja saya buat artikel baru, karena pembahasannya bakalan Panjang.

Sobat bisa membacanya disini : (Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Bagi Pemula)

Apakah Bitcoin Satu – Satunya Uang Digital yang Terkenal?


Apa Itu Bitcoin? Berikut Sejerah dan Perkembangan Bitcoin
Beberapa Jenis Cryptocurrency di Dunia
Asal sobat tahu, di dunia ini terdapat sekitar 1000 jenis uang digital atau CryptoCurrency.
Beberapa yang terkenal diantaranya :

1. Etherum
2. Monero
3. Dashcoin
4. Dogecoin
5. Bytecoin (berbeda dengan Bitcoin)
6. FantomCoin
7. Quazarcoin, dan masih banyak lagi.

Favorit saya sih, Monero dan Bitcoin tentunya!

Akhir Kata

Bagaimana sobat?
Apakah sobat tertarik dengan si Bitcoin ini? Coba saja sobat tahu bitcoin dari awal. Misalnya sobat beli 10 bitcoin seharga Rp. 50.000 per 1 BTC pada tahun 2012, lalu dijual tahun 2017, sobat sudah menjadi miliuner karena berhasil mendapatkan Rp. 2.500.000.000 ( Rp. 2.5 M)

Tapi tak apalah, siapa tahu di masa mendatang bitcoin bisa lebih mahal lagi, oleh karena itu invest lah dari sekarang, tapi saya tidak menjamin di masa mendatang sobat akan mengalami keuntungan. Kalau gak untung ya Rugi! Itulah Bitcoin!

Oke mungkin segitu saja pembahasan Bitcoin dari artikel yang berjudul "Apa Itu Bitcoin? Sejarah dan Perkembangan Bitcoin" ini, semoga bisa memberikan manfaat untuk sobat.

Terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sii yu letah !!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan sopan, jangan buang waktu sobat untuk "menyampah"

Mengenai Saya

Foto saya
Aku adalah seorang pelajar yang sedang belajar Desai Grafis, Pemrograman, Animasi, dan lainnya. Sering berkhayal sembari mengelus-elus kucing.