Apa itu Kabel USB OTG? Berikut Fungsi, Jenis, dan Cara Memakai Kabel USB OTG Pada Android




Hai! Berjumpa lagi dengan saya. ok, apa yang akan kita bahas kali ini?

Inilah Kabel USB OTG! Disini saya akan membahas Apa itu kabel USB OTG? Apa Fungsi kabel USB OTG? Jenis jenis kabel OTG, cara memakai kabel USB OTG, dan dimana tempat kita bisa membeli kabel USB OTG.

Mungkin banyak diantara kaliankalia belum tahu apa itu kabel usb otg, jadi sebelum kita membahas fungsi – fungsi kabel otg, kita akan bahas apa itu kabel otg-nya sendiri,.
Apa Itu Kabel USB OTG?
USB OTG (universal serial bus on the go) itu sebuah perangkat usb, yang memungkinkan perangkat USB (mouse, flashdisk, keyboard, d.l.l) untuk dapat terhubung terhadapnya.

Macam Macam Type Kabel USB
Sumber : datapro.net

Singkatnya begini, usb otg adalah kabel data yang yang mehubungkan port usb a dengan usb type micro b (yang biasanya untuk handphone).
Apa bedanya USB OTG dengan USB biasa?
Ya beda, untuk kabel USB biasa, menghubungkan usb type micro b dengan usb type a, sementara usb  sudah dijelaskan diatas, menghubungkan PORT USB TYPE A dengan usb type micro b.

Kalau kamu masih bingung saya punya gambarnya…..

Gambar Kabel USB OTG
Apa Fungsi dari Kabel USB OTG?
Nah, bagi kamukamu  belum tahu fungsi dari kabel USB OTG ini, saya akan menjelaskan satu per satu. Karena kabel USB  OTG ini menghubungkan USB Type Micro B dengan Port USB Type A, jadi segala perangkat yang memeiliki USB Type A, bisa kita hubungkan dengan handphone kita, bingung? Ok, mari kita simak Fungsi kabel USB OTG untuk Android!
1.      Menambah memori Handphone
Handphone yang Disambungkan Dengan Flashdisk Menggunakan Kabel USB OTG
“Menambah memori” ini maksudnya kita hubungkan handphone kita dengan flashdisk, sehingga kita bisa menyimpan banyak file dari handphone ke flashdisk, bukan dengan mencolokan Kabel USB OTG ke handphone kamu langsung otomatis memori menambah ya hehehe XD.



2.      Memakai mouse di handphone

Jujur, inilah fitur USB OTG favorit saya. Kita menghubungkan android kita dengan mouse. Memang sih terkesan aneh, tapi ini bisa kok, coba aja.
Saya saranin pakai mouse wireless, karena kalau mouse kabel biasa, biasanya kabelnya suka berantakan dan mengganggu.
Buat apa pakai mouse, kan pakai tangan juga bisa kan?
Nah, ini pertanyaan yang sering muncul dari teman-teman saya. Biasanya saya memakai mouse untuk android dikala gabut melanda, hehehe XD. Selain itu juga, game-game yang memerlukan ketangkasan, konsentrasi, dan kecepatan ketukan, seperti Color Switch, Flappy Bird, Geometry Dash, d,l,l, akan lebih seru jika memakai kabel USB OTG ini, kenapa?

Karena meng-klik di mouse itu lebih cepat dari pada meng klik di layar  hp android
3.       Mengetik menggunakan Keyboard di android
Nah, sepertinya fitur ini juga tak kalah seru dengan fitur sebelumnya. Dengan kabel USB OTG, sobat bisa menghubungkan android dengan Keyboard computer.
Jadi, misalnya sobat ada tugas di sekolah/kampus, tapi lupa membawa laptop tapi ada keyboard nganggur di lab computer, kamu  bisa hubungkan keyboard tersebut dengan android kamu, dijamintugasnya akan lebih maksimal, karena seperti mengetik di computer. (Oh ya, pastikan keyboard USB ya, bukan keyboard PS/2)
4.      Menyalakan USB – Fan di Android
Nah, ini fitur yang bagus nih. Pernah gak sih sobat keringetan dan kepanasan setelah pelajaran olahraga. Terus nyari tempat enak untuk ngadem? Biasanya sih dikantin, itu kalau kantinnya sepi, kalau pas kantinnya rame? Waduh, nambah pengap aja tuh.
Nah, biasanya anak-anak suka ngumpul dibawah kipas angin atau ac di kelas, itu mending kalau gak pada berebut. Ada juga yang bawa mini fan pakai baterai atau yang digerakin pakai tangan, ya itu bisa saja selama ada baterainya dan tangan kamu gak pegal.
Nah, jika kamu punya USB Fan yang umumnya dicolok ke powerbank atau laptop bisa tuh dipake.
Tapi saya gak bawa Laptop atau PowerBank
Tenang kok, kan ada kabel USB OTG. Tinggal colokin USB OTG ke Android, dan satunya lagi ke USB Fan, nyala deh!
5.      Menyalkan USB Lamp di Android
Nah, fitur yang satu ini cocok saat mati lampu atau dalam keadaan darurat. Biasanya saat mati lampu, benda incaran kita yaitu senter. Apa jadinya jika senter kamu tidak ketemu atau baterainya habis? Pasti pakai hp ya.
Tapi bagaimana jika hp kamu tidak ada flashnya, atau sinar flashnya tidak terlalu terang? Nah kamu bisa  pakai USB Lamp, jika kamu punya powerbank bisa dicolokan disitu, tapi jika tidak ada bagaimana?
Kamu tinggal colokan USB OTG dengan USB Lamp, beres deh.
6.      Menghubungkan Android dengan CD Player
Untuk fitur ini saya belum coba yah, tapi kemungkinan bisa kok. Kamu hanya tinggal mencolokan ke Hp dan satunya lagi ke CD Player. Jadi sobat bisa burn CD, tanpa menyalakan tanpa
7.      Bermain Game Android dengan Joystick
Nah, ini keren. Kita bisa bermain game di android serasa di PC atau di Playstation. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal memasang USB OTG ke Joystick dan ke Hp
Viola! kamu bisa memainkan game dengan Joystick. (untuk fitur ini, belum saya coba karena saya tidak mempunyai joystick hehe)
8.      Menghubungkan Android dengan Harddisk External
Jika kamu atau teman kamu punya Harddisk eksternal tempat koleksinya Film, dan ingin nonton film tersebut tapi tidak ada Laptop atau mager bukanya, kamu bisa menontonnya lewat Android, apalagi pakai tablet, lebih puas!
Tapi untuk fitur ini, saya tidak menjamin 100% Bisa, karena banyak hp android yang tidak mendukung untuk menyambung dengan harddisk, contohnya hp saya.
9.      Menggunakan USB Speaker di Android
Fitur ini membuat saya ingat waktu saya bermain di rumah teman saya. Nah waktu itu di rumah teman saya ada USB Speaker nganggur, lalu saya pinjam ke teman saya.
Tapi kan kagak ada Laptop, mau dinyalain dimana?”
Simple saja, saya hanya perlu mencolokan kabel USB OTG ke hp, lalu mencolokan kabel USB Speaker ke Port OTG, lalu AudioJacknya ke hp.
Viola! Saya berhasil memecahkan keheningan dan mengisi kegabutan kita dengan music dan lagu!
10.   Menjadikan Hp sebagai Powerbank Darurat
Nah fitur ini lumayan bermanfaat buat sobat yang suka jalan jalan. Ada kalanya baterai hp teman sobat habis, sementara hp sobat masih terisi full.
Bro! boleh bagi baterainya gak bro? hp gw low bat,’”
Wkwkwk XD. Bisa gitu ngirim baterai? Atau yang dia maksud tukeran baterai? Maaf, Hp saya non-removable battery. Lalu bagaimana caranya, jika kita tidak punya powerbak dan tidak ada colokan disitu?
Jika ada yang membawa laotop sih, bisa Hp kita di-charge  di laptop, tapi kan bawa laptop itu berat.
Nah, pakai saja kabel USB OTG saja
Lah!? Emang bisa?
Bisa kok! Sobat hanya butuh 1 hp yang baterainya penuh, 1 kabel USB OTG, dan 1 kabel usb biasa.
Caranya, sobat tinggal colokan Kabel USB OTG ke hp satu, lalu di port USB OTG colokan kabel data usb biasa (USB Type A) lalu di ujungnya (USB Type Micro B) colokkan ke hp dua.
Viola! Kamu berhasil menstransfer atau mengirim baterai ke hp teman kamu.
(untuk fitur ini tidak saya sarankan, hanya untuk keadaan darurat! Mengecas hp menggunakan OTG itu lama banget sob! Mending ke Leppy atau langsung ke stopkontak )
Jenis Jenis Kabel OTG
Nah, setelah membahas fitur dan fungsi kabel USB OTG, Herdandi Tech akan membahas jenis-jenis dari Kabel USB OTG itu sendiri. Disimak baik-baik ya

1.      USB OTG Adapter
Ini salah satu jenis Kabel USB OTG, uh! Maksudnya USB OTG tanpa kabel. Bentuknya kecil, hanya ada port usb dan usb type micro b, tidak memiliki kabel. Kekurangannya, karena ukurannya kecil, sehingga rawan hilang.
harganya berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 20.000

2.       USB OTG Cable
Nah, ini adalah kabel USB OTG yang sering dijumpai. USB OTG Cable, ini benar benar kabel USB OTG! Maksudnya apa? Karena jenis USB OTG ini memakai kabel, hehehe bingung ya? XD.
Ciri-cirinya, ada port USB Type A dan USB Type Micro B atau USB Type C, dan memakai kabel. Kekurangannya kabel kadang menggangu, dan jika kabelnya rusak atau robek, USB OTG ini sudah tidak bisa dipakai lagi.
Untuk harganya sangat bervariasi, ada yang Rp. 50.000 bahkan, ada yang hanya Rp. 7000 saja! Untuk rata-rata paling berkisar antara Rp.10.000 – Rp. 20.000

3.      Multi USB OTG
Nah ini USB OTG yang paling keren menurut saya. Di USB OTG ini terdapat 2 hingga 3 port USB Type A, dan juga sering disetai dengan slot USB Type Micro B untuk mengisi dayanya. Jadi dengan Multi USB OTG ini, kamu bisa menghubungkan Mouse, Keyboard, Flashdisk sekaligus ke dalam 1 Android!!! Keren kan? Serasa seperti computer
Untuk kekurangannya, USB OTG jenis ini agak sedikit lebih mahal disbanding teman-temannya, tapi gak terlalu mahal banget kok
Harganya berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 70.000 (Masih terjangkau lah)

Cara Memakai USB OTG Beserta Gambar Pelengkap
Setelah membahas jenis – jenis USB OTG, kita akan berlanjut membahas cara memakainya. Kali ini saya mencoba menghubungkan Flasdisk dengan Android.
Apa saja alat yang dibutuhkan?
-          Handphone Android yang support USB OTG, disini saya memakai HP Xiaomi Redmi 4A (cara mengetahui apakah hp sobat support dengan USB OTG atau tidak, bisa lihat di google, umumnya hp jaman sekarang sudah support)
-          USB OTG, disini saya memakai jenis USB OTG Cable
-          Flasdisk, saya memakai flashdisk Sandisk Cruzer Blade 16 Gb
Langkah – Langkahnya
-          Siapkan perangkat -perangkatnya
-          Hubungkan USB Type Micro B pada Hp
-          Hubungkan lagi Flashdisk dengan Port USB Type A
-          Setelah terhubung, akan di Hp akan muncul notifikasi seperti ini
-          Buka File Manager, lalu ada opsi USB
-          Nah sekarang kamu sudah bisa mengelola file Flashdisk di Hp Android sobat
-          Untuk di-Eject, cukup klik “keluarkan”
-          Lalu lepas USB OTG dari hp sobat, dan Flashdisk pada USB OTG Cable
Dimana saya bisa mendapatkannya?
Nah, jika sobat berminat memiliki kabel USB OTG, Sobat bisa mendapatkan USB OTG di toko aksesoris hp, atau di konter hp biasa (jarang ada).
 Atau kalau mau yang lebih praktis, bisa beli lewat tokon online favorit kamu
Akhir Kata
Nah, sekian dulu ya artikel dari saya, semoga artikel yang berjudul "Apa itu Kabel USB OTG? Berikut Fungsi, Jenis, dan Cara Memakai Kabel USB OTG Pada Android ” ini bisa menambah pengetahuan kamu
Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya !!!

Share this

Related Posts

First

9 Comments

Comments
7 Desember 2017 pukul 23.56 delete

Bermanfaat dan bagus untuk pengetahuan teknologi. Kalau bisa kata-katanya di bakuin lagi atau di benerin lagi yaa gan. Untuk selebihnya sudah bagus.
Teruskan lagi karyamu dan jangan lupa tambahin artikelnya. Misalnya di blog agan bertemakan teknologi, nah bahas lagi yang berkaitan dengan teknologi masa kini atau juga masa yang dulu-dulu. Tentang PC, HP, USB, FlashDisk, Hardisk, Internet dan lain-lain. Mungkin itu saja yang tips ane kasih, selebihnya sudah cukup bagus.

Jangan lupa mampir-mampir ke Blog ane yaa, lihat-lihat juga bolehlah.

Reply
avatar
7 Desember 2017 pukul 23.59 delete

Ok, gan makasih sarannya. Kapan kapan saya akan berkunjung 😊

Reply
avatar
10 Desember 2017 pukul 06.47 delete

kabel otg yang bagus merk apa gan

Reply
avatar
10 Desember 2017 pukul 06.51 delete

Samsung bagus tuh gan, oppo juga, 4GConnet dan Votre juga lumayan 😀

Reply
avatar
3 Juni 2018 pukul 07.55 delete

Terimakasih atas artikelnya, saya jadi tahu perbedaan antara kabel OTG dengan kabel biasa.

Kunjungi juga blog saya di http://siskaberliana.blogspot.com
dan website kampus kami di http://www.atmaluhur.ac.id

Reply
avatar
6 Juni 2019 pukul 23.45 delete

Gan kalo otg buat headset yang usb terus pengen ke hp nama otg nya apaan gan?

Reply
avatar
12 Juli 2019 pukul 18.19 delete

Kabel OTG biasa kemungkinan besar bisa gan

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan sopan, jangan buang waktu sobat untuk "menyampah"

Mengenai Saya

Foto saya
Aku adalah seorang pelajar yang sedang belajar Desai Grafis, Pemrograman, Animasi, dan lainnya. Sering berkhayal sembari mengelus-elus kucing.